Sudah berlangganan artikel blog ini via RSS Feed?

kamu pengunjung ke.......

Sabtu, 11 April 2009


“Go Green To My School” “Satu Motor, Satu Pohon”

Maksud dari program kita ini adalah untuk menghijaukan lingkungan sekolah kita, naah sekaligus juga mendukung program kampanye pemerintah secara nyata untuk menghijaukan lingkungan, nah disini teman teman punya tugas untuk membawa satu pohon, kalau kamu membawa satu motor… naah dengan ini, temen temen semua juga mendukung kampanye pemerintah untuk menghijaukan lingkungan….dan bukan cuma menjadi pembantu proses percepatan pemanasan global...disini teman-teman diminta untuk bertanggung jawab mengihjaukan lingkungan. Kan kalau lingkungan sekitar kita hijau, kita juga kan yang merasakan dampaknya... Teman-teman pasti nggak mau kalau nantinya bumi kita yang kita tinggali ini akan hancur akibat ulah kita sendiri..

So, Be Green!!!

Dukung program kita yah..dan jangan lupa bawa pohonnya….

APA SIH PEMANASAN GLOBAL ITU??? 

Pemanasan Global adalah kejadian meningkatnya temperatur rata-rata atmosfer, laut dan daratan Bumi. Pemanasan Global disebabkan diantaranya oleh “Greenhouse Effect” atau yang kita kenal dengan EFEK RUMAH KACA. Efek rumah kaca disebabkan karena naiknya konsentrasi gas karbondioksida (CO2) dan gas-gas lainnya di atmosfer. Kenaikan konsentrasi gas CO2 ini disebabkan oleh kenaikan pembakaran bahan bakar minyak (BBM),polusi udara, pembakaran batu bara, hasil industri dan bahan bakar organik lainnya yang melampaui kemampuan tumbuhan-tumbuhan dan laut untuk menyerapnya.

 LALU DAMPAKNYA APA PADA KITA???

Rata-rata temperatur global telah naik 1,3 derajat Fahrenheit (setara 0,72 derat Celcius) dalam 100 tahun terakhir. Muka air laut mengalami kenaikan rata-rata 0,175 centimeter setiap tahun sejak 1961.Sekitar 20 hingga 30 persen spesies tumbuh-tumbuhan dan hewan berisiko punah jika temperatur naik 2,7 derajat Fahrenheit (setara 1,5 derajat Celcius). Jika kenaikan temperatur mencapai 3 derajat Celcius, 40 hingga 70 persen spesies mungkin musnah. Meski negara-negara miskin yang akan merasakan dampak sangat buruk, perubahan iklim juga melanda negara maju. Pada 2020, 75 juta hingga 250 juta penduduk Afrika akan kekurangan sumber air, penduduk kota-kota besar di Asia akan berisiko terlanda banjir dan rob. Di Eropa, kepuanahan spesies akan ekstensif. sementara di Amerika Utara, gelombang panas makin lama dan menyengat sehingga perebutan sumber air akan semakin tinggi.Kondisi cuaca ekstrim akan menjadi peristiwa rutin. Badai tropis akan lebih sering terjadi dan semakin besar intensitasnya. Gelombang panas dan hujan lebat akan melanda area yang lebih luas. Risiko terjadinya kebakaran hutan dan penyebaran penyakit meningkat.Sementara itu, kekeringan akan menurunkan produktivitas lahan dan kualitas air. Kenaikan muka air laut akan memicu banjir lebih luas, mengasinkan air tawar, dan menggerus kawasan pesisir.

Dan yang lebih parah lagi, dalam radius 10-50 km daerah pantai diseluruh dunia termasuk Indonesia akan tenggelam oleh air laut yang meningkat akibat mencairnya es di kutub utara. Dan bumi akan menjadi seperti neraka.

 LALU BAGAIMANA CARA PENCEGAHANNYA?

Pertama, dengan mnegurangi emisi gas yang ditimbulkan oleh asap kendaraan dan hasil industri pabrik. Naah… cara untuk mengurangi emisi gas yang disebabkan oleh asap kendaraan yaitu dengan memanfaatkan kaki kita untuk berjalan sampai ke tempat tujuan kita, atau kalau terasa capek kalau kita jalan, pakai aja BBM ramah lingkungan. Kan sekarang ada BBM yang ramah lingkungan. Harganya juga ga mahal-mahal amat kok…!!!

 
Kedua, dengan menghentikan perusakan hutan. Tahukah kalian kalau negara tercinta kita Indonesia ini merupakan penyumbang emisi gas terbesar ketiga di Asia Tenggara,sekaligus masuk dalam Guiness Book World of Records sebagai perusak hutan paling cepat di dunia. Maka dari itu kita harus hentikan dengan cara melakukan program penghijauan…


Ketiga, dengan menghemat sumber energi seperti listrik dan air…

 Keempat, menjadi vegetarian (jangan makan daging yahh)

 Kelima, yang paling simple adalah dengan mengikuti program kampanye penghijauan sekolah kita yaitu 1 motor 1 pohon..

Tidak ada komentar: